Manfaat Masker Tomat Untuk Memutihkan Kulit Wajah

Manfaat Masker Tomat Untuk Memutihkan Kulit Wajah - Tomat adalah salah satu jenis buah yang umum digunakan untuk membuat masakan, namun pada saat sekarang tomat tidak hanya digunakan untuk memasak namun juga digunakan untuk perawatan kecantikan kulit, banyak produk-produk ecantikan seperti masker, lulur, dan bahkan lotion yang menggunakan bahan ekstrak tomat didalamnya.
Kandungan Tomat
Kandungan Nutrisi didalam buah tomat. Menurut Titien RK, dokter spesialis nutrisi, tomat mengandung berbagai zat yang berguna bagi tubuh. Setidaknya tomat mengandung protein, fosfor, zat besi, belerang, vitamin A, B1, C dan betakaroten jenis likopen. Akan tetapi, kandungan yang terbesar adalah likopen yakni hampir 50 persen lebih.

Sedangkan menurut USDA dalam 100 gram tomat, kandungan terbesar di dalam buah tomat adalah vitamin A 17%, dan vitamin C 21%, sisanya adalah serat, protein, kalori, gula, kalsium dan zat besi. Kandungan vitamin C yang besar ini ternyata membawa manfaat menyegatkan bagi tubuh. Selain untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga dapat berperan sebagai agen pencerah kulit alami.

Manfaat Masker Tomat Untuk Kulit Wajah
Tomat telah lama dikenal sebagai bahan pangan yang melimpah produksi sari buahnya serta rasanya yang unik dan sedikit masam. Mungkin Anda tidak suka jika menggigit tomat merah bulat tanpa diolah terlebih dahulu. Walau dijadikan jus pun, sayuran kaya nutrisi ini akan tetap mempertahankan mineral baik untuk tubuh Anda. Namun bagaimana jika buah satu ini digunakan untuk perawatan wajah? berikut ini manfaat masker tomat untuk kulit wajah:

1. Mencerahkan Wajah
Perkembangan pengetahuan, sekarang tomat tidak hanya sebagai pelengkap untuk makanan melainkan juga sudah dikenal luas untuk kecantikan. Manfaat tomat untuk kecantikan antara lain adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit karena tomat kaya dengan kandungan vitamin C.

2. Mengecilkan pori-pori
Tidak dapat mengecilkan pori-pori secara instant namun tomat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat. Saat pori-pori membawa kotoran, otomatis ukurannya akan membesar, dan inilah mengapa Anda perlu memakai masker tomat secara rutin.

3. Melindungi Kulit Dari Radikal Bebas
Tomat merupakan salah satu buah kaya antioksidan. Adapun antioksidan yang terutama dalam tomat adalah likopen selain vitamin C. Likopen adalah sejenis antioksidan yang memiliki kekuatan membersihkan radikal bebas 10 kali lebih kuat dibanding vitamin E dan 2 kali lebih kuat dari β-karoten.

4. Mengatasi Jerawat Meradang
Zat lain seperti tomatin di dalam tomat juga sangat bermanfaat sebagai zat antiinflamasi. Zat ini diyakini mampu menyembuhkan luka dan mengobati jerawat yang meradang.

5. Menunda penuaan dini
Tomat dapat membantu menunda proses penuaan dini. Munculnya garis-garis halus dan kerutan dapat disamarkan dengan perawatan buah tomat. Antioksidan dalam buah tomat bekerja sebagai anti-penuaan yang bertugas membantu memerangi kerusakan sel dan membuat warna kulit lebih merona.

Cara Membuat Masker Tomat
Jika kalian ingin mencoba membuat masker tomat sendiri dirumah, berikut adalah kumpulan beberapa resep masker tomat yang bisa kalian coba.
1. Masker Tomat Dan Putih Telur
Anda dapat mencampurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan putih telur. Putih telur berfungsi sebagai perekat agar formulanya dapat melekat baik pada kulit wajah. Sementara tomat berfungsi memberikan nutrisi pada kulit Anda, kombinasi kedua bahan sederhana ini dapat membantu kulit Anda terlihat lebih cerah dan sehat.

Lakukan masker alami ini setelah wajah dibersihkan agar kotoran terangkat sebelum Anda mengaplikasikan tomat dan putih telur ini. Waktu yang tepat untuk melakukannya adalah sebelum tidur. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minimal dua minggu sekali.

2. Masker Tomat Dan Alpukat
Masker yang menggunakan tomat dan alpukat dapat mengatasi masalah kulit yang dialami. Tomat mampu menyingkirkan komedo dan kelebihan minyak, sedangkan alpukat menghindrasi kulit. Selain itu, masker tomat dan alpukat ini juga mengandung vitamin A, C dan E yang menenangkan kulit dan mencerahkan kulit. Berikut ini cara membuat masker tomat dan alpukat, seperti yang dikutip dari situs wolipop:
Siapkan tomat dan alpukat. Pilihlah kedua buah tersebut yang berukuran kecil saja, Kupas kulit alpukat dan buang bijinya, Hancurkan kedua buah tersebut dan campurkan. Anda bisa menggunakan blender atau hanya menumbuk keduanya, Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk, Oleskan campuran tomat dan alpukat yang sudah hancur tadi ke wajah, Diamkan selama 20 hingga 30 menit, Setelah selesai, bilas dengan air hangat yang diikuti dengan air dingin.

3. Masker Tomat Dan Madu
Tomat memiliki bahan untuk mencerahkan kulit. Tak hanya itu saja, tomat juga bisa mengencangkan kulit agar tampak lebih awet muda Ladies. Saat disatukan dengan madu, kedua bahan ini akan bekerja secara maksimal dan membuat kulit lebih cerah secara alami dalam waktu yang singkat.

Campurkan 1 sdm tomat halus dan 1 sdm madu kedalam mangkok, Aduk kedua kedua bahan tersebut sampai rata. Oleskan pada kulit dan diamkan semalaman. Keesokan paginya bilas dengan air bersih.
Baca artikel sebelumnya: Cara Memutihkan Wajah Dengan Mentimun Segar.

Tags:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth