Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Kunyit Dan Jeruk Nipis

Cara Memutihkan Kulit Wajah Dengan Kunyit Dan Jeruk Nipis - Kunyit dan jeruk nipis merupakan dua bahan alami yang banyak digunakan dalam hal perawatan kecantikan, kunyit paling sering digunakan oleh masyarakat India, terutama saat mereka melakukan sebuah acara adat, di Indonesia sendiri kunyit lebih sering digunakan untuk pembuatan jamu tradisional. Sedangkan untuk perawatan wajah penggunaan kunyit kurang begitu populer, namun jangan anda remehkan sebelum mencobanya, kandungan zat aktif pada kunyit tidak kalah jika dibandingkan dengan zat aktif pada jeruk nipis.
Kandungan Kunyit
Kandungan zat-zat kimia aktif yang terdapat dalam kunyit adalah sebagai berikut :
A. Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
B. zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin.
C. Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth
D. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar

Manfaat Jeruk Nipis Dan Kunyit Untuk Kulit
Salah satu jenis jeruk yang dapat anda gunakan untuk memutihkan kulit wajah agar terlihat sehat dan segar adalah jeruk nipis. Kandungan antioksida yang terkandung dalam jeruk nipis sangat baik untuk kulit wajah, selain itu fungsi jeruk nipis juga dapat mengecilkan pori-pori wajah, Air perasan jeruk nipis merupakan bahan pemutih yang kuat karena mengandung asam alpha-hydroxy yang bertindak sebagai lulur alami yang akan mengelupas lapisan permukaan kulit atas sehingga dapat menampakkan kulit yang lebih cerah di bawahnya. Asam sitrat dalam jus lemon juga menciptakan efek pemutihan ringan, berikut beberapa manfaat dari kunyit untuk kulit wajah:

1. Mengangkat sel kulit mati
Kunyit bisa dimanfaatkan untuk eksfoliasi, sebab kandungan dan tekstur kunyit bisa mengelupas sel kulit mati secara lembut, tanpa menjadikan kulit iritasi.

2. Mengobati jerawat
Sifat anti septik dan anti bakteri yang ada di dalam kunyit baik untuk mengobati jerawat. Anda dapat membuat masker yang terbuat dari campuran kunyit dan air jeruk nipis. Oleskan dan diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Mengatasi pigmentasi
Efek anti-inflamasi dan antiseptik dalam kunyit bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pigmentasi pada kulit serta mendinginkan kulit yang terbakar karena paparan sinar matahari.

4. Menyamarkan kerutan dan mencegah penuaan dini
Kandungan nutrisi dalam kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi kerutan serta memperlambat proses penuaan.

5. Mengatasi kulit berminyak
Kunyit dapat mengontrol kelebihan produksi minyak dan sebum di pori-pori Anda. Anda bisa membuat masker untuk kulit berminyak dengan cara mencampurkan kunyit dan jeruk nipis.

6. Membuat kulit lebih bersinar
Kunyit bisa membuat kulit Anda lebih sehat bercahaya dengan cara alami. Aromanya juga membuat kulit harum khas perawatan tradisional.

Cara Membuat Masker Kunyit Dan Jeruk Nipis
Jika Anda ingin mencerahkan kulit, ada solusi alami yang bisa Anda coba untuk mencerahkan kulit Anda hingga beberapa tingkat. Karena kebanyakan krim komersial tidak efektif atau tidak sehat untuk digunakan, beralih ke metode alami untuk mendapatkan kulit yang lebih terang merupakan pilihan yang cerdas. Dua bahan di rumah yang umum, seperti air perasan jeruk nipis, dan kunyit. Berikut cara membuat masker dari kedua bahan tersebut yang benar:

Campurkan 2 sendok makan bubuk kunyit (anda bisa mencarinya di toko kecantikan, atau membelinya di toko online) dengan 3 sendok makan ari jeruk lemon atau jeruk nipis matang. Pakailah masker tersebut di wajah Anda. Biarkan selama kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat hingga bersih.

Catatan:
  • Kunyit bisa menyebabkan kulit Anda berwarna kuning sementara, tetapi ini akan cepat hilang.
  • Anda bisa menambahkan air kedalam masker kunyit untuk membuatnya tidak terlalu kental.
  • Coba terlebih dahulu masker ini untuk mengetahui apakah kulit anda tidak alergi terhadap kunyit.
Artikel menarik Lainnya: Cara Membuat Masker Lidah Buaya Untuk Memutihkan Wajah.

Tags:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth