Cara Memutihkan Wajah Kusam Dengan Masker Jeruk Nipis

Cara Memutihkan Wajah Kusam Dengan Masker Jeruk Nipis - Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak kegunaan, mulai dari untuk minuman menyehatkan sampai untuk perawatan kulit wajah. Dalam hal mencerahkan dan memutihkan wajah jeruk nipis sudah terbukti dari zaman nenek moyang kita, kandungan asam didalamnya dapat berfungsi sebagai bahan chemical peeling alami, mampu memperbaiki tekstur kulit dan menghaluskanya, serta dapat memudarkan flek hitam akibat bekas jerawat maupun terkena paparan sinar matahari.
Tentang Jeruk Nipis
Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia Dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel. Pohon jeruk nipis dapat mencapai tinggi 3-6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak atsiri. Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. biji banyak dengan ukuran kecil.

Kandungan Jeruk Nipis
Berikut beberapa kandungan yang ada didalam buah jeruk nipis yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan kulit:
1. Vitamin B Kompleks
Tak hanya vitamin A dan C, jeruk nipis juga merupakan sumber vitamin B kompleks yang baik seperti asam pantotenat, piridoksin dan folat. Vitamin B kompleks diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan saraf.

2. Vitamin A dan Antioksidan
Jeruk nipis juga mengandung vitamin A dan antioksidan lainnya, seperti alpha, ß-carotenes, ß-cryptoxanthin, zea-xanthin dan lutein. Vitamin A dan antioksidan tersebut diperlukan untuk menjaga kesehatan membran mukosa kulit, serta kesehatan mata.

3. Zat Fitokimia
Sama seperti buah jeruk pada umumnya, jeruk nipis mengandung berbagai fitokimia yang dapat berperan sebagai antioksidan. Di dalam tubuh, antioksidan diperlukan untuk menangkal radikal bebas, berperan sebagai zat antiradang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Asam Sitrat
Rasa asam jeruk nipis berasal dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Asam sitrat merupakan pengawet alami, yang dapat memperlancar pencernaan dan membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

5. Mineral
Jeruk nipis juga mengandung berbagai mineral, seperti zat besi, potasium dan kalsium yang diperlukan tubuh untuk dapat mempertahankan fungsinya dengan optimal.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kulit
Selain dapat memutihkan wajah, jeruk nipis juga memiliki beberapa manfaat lain untuk kulit seperti mengatasi jerawat, menutrisi kulit, dan menyamarkan kantung mata.

1. Kaya Vitamin dan Mineral Yang Baik Untuk Tubuhmu 
Selayaknya buah sitrus atau buah jeruk lainnya, jeruk nipis juga mengandung banyak mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Sebut saja kalium bioflavonoid, dan antioksidan. Ketiga jenis kandungan ini dapat memberikan manfaat yang dibutuhkan tubuh. Kalium sendiri penting dipercaya untuk menjaga tekanan darah dan fungsi saraf.

2. Membunuh Bakteri Penyebab Jerawat
Buah-buahan yang mengandung asam tinggi seperti lemon dan jeruk nipis bisa digunakan untuk mengatasi dan mencegah jerawat, sebab sifat asam dalam buah-buahan tersebut mirip dengan pH alami kulit manusia, sehingga bisa menangkal bakteri dan kuman yang menjadi penyebab jerawat. Memiliki beberapa sifat anti-bakteri dan anti-jamur yang membuat jeruk nipis menjadi salah satu pilihan tepat untuk mengobati jerawat.

3. Menyamarkan Kantung Mata
Kantung mata adalah masalah kulit yang seringkali mengganggu penampilan. Jeruk nipis bisa dimanfaatkan untuk mengatasinya. Anda tinggal mencelupkan cotton buds ke dalam air perasan jeruk nipis, kemudian oleskan ke kantung mata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bersihkan kembali wajah.

4. Mempercantik Kulit
Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk nipis dapat berfungsi sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas dari sel-sel tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat merangsang pertumbuhan kolagen. Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari jeruk nipis, minumlah air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air secara rutin. Anda akan mendapatkan kulit yang cantik dan awet muda, selain itu menggunakan jeruk nipis sebagai masker juga sangat aman.

5. Membuat Kulit Cerah Bersinar
Bila Anda tak mau repot atau tak punya banyak uang untuk perawatan wajah yang mahal, cukup biasakan diri untuk meminum segelas air hangat yang dicampurkan madu dan perasan jeruk nipis pada pagi hari. Atau membuat masker jeruk nipis unuk mempercepat proses peremajaan kulit, dan membuat kulit kusam menjadi cerah.

Cara Membuat Masker Jeruk Nipis
Berikut beberapa kumpulan resep masker jeruk nipis yang bisa kalian buat dirumah dan digunakan secara teratur untuk membuat kulit menjadi lebih butih dan tidak kusam:
1. Masker Jeruk Nipis Dan Minyak Zaitun
Campurkan air perasan dari 1 buah lemon dengan 1/4 cup minyak zaitun. Masker baik digunakan 2-3 kali seminggu, namun untuk memaksimalkan boleh dilakukan 2x sehari. tidak ada efek samping dari seringnya penggunaan masker wajah. Namun, jika muncul tanda iritasi seperti rasa panas/perih, kulit yang merah atau meradang, atau keluhan lainnya segera hentikan pemakaian dan periksakan ke dokter.

2. Masker Jeruk Nipis Dan Madu
Madu dikenal memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan kulit manusia sehingga tak heran jika madu tidak hanya dikonsumsi tetapi juga sering kali dijadikan masker wajah. Manfaat madu yang melembabkan dan menghilangkan bintik hitam serta jeruk nipis yang mencerahkan wajah merupakan salah satu perpaduan yang sangat sempurna.

Cara membuat masker ini sendiri sangatlah mudah yaitu kita campurkan dua sendok madu dengan air perasaan jeruk nipis lalu aduk hingga menyatu. Setelah itu tinggal diaplikasikan saja pada wajah Anda, oleskan secara merata dan diamkan selama 20 menit. Lalu baru dibilas menggunakan air bersih.

3. Masker Jeruk Nipis, Putih Telur, Dan Alpukat
Cara membuat adonan maskernya pun sangat mudah. Bahan-bahan yang Anda perlukan hanya satu buah alpukat, satu buah lemon dan putih telur.  Kupas dan haluskan di dalam sebuah wadah. Tambahkan putih telur dan perasan jeruk lemon, kemudian aduk sampai rata. Gunakan kuas untuk mengaplikasikan masker tersebut ke wajah Anda. Biarkan selama 15 menit, setelah itu bilas dan keringkan dengan handuk.

4. Masker Jeruk Nipis Dan Tomat
Tidak dapat memutihkan kulit secara instant namun jeruk nipis dan tomat dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran dan menggantikannya dengan nutrisi bermanfaat, menutrisi kulit, serta kandungan vitamin C pada jeruk dan tomat dapat melindungi kulit dari radikal bebas dan yang terakhir vitamin C dapat membantu kulit dalam memproduksi kolagen kulit. Langkah membuat masker tomat: Campurkan tomat yang dihaluskan dengan 1 sdm jeruk nipis, tambahkan 1 sdt gula, massage secara merata di wajah dengan perlahan dan gerakan melingkar, diamkan selama 10-15 menit, bilas dengan air hangat dan akhiri dengan air dingin.

Tags:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth