Wajah Putih: Manfaat Bengkoang Untuk Kulit Wajah

Wajah Putih: Manfaat Bengkoang Untuk Kulit Wajah - Sering kali kita melihat produk-produk kecantikan seperti lotion, masker, dan lulur yang mengandung berngkoang didalamnya, namun tahukah anda kenapa bengkong banyak digunakan dalam produk kecantikan? satu jawaban yang pasti adalah karena pada bengkoang sendiri mengandung nutrisi penting yang baik bagi kesehatan kulit terutama untuk memutihkan dan mencerahkan kulit.

Untuk kalian yang penarasan sama jenis ubi-ubian yang satu ini, pada artikel berikut akan membahas secara menyeluruh mengenai kandungan bengkoang, manfaatnya untuk kecantikan kulit, dan cara menggunakan bengkoang untuk merawat wajah.
Kandungan Bengkoang
Bengkoang mengandung berbagai zat gizi yang sangat penting untuk kesehatan terutama vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam bengkoang yang paling tinggi adalah vitamin C. Kandungan air yang cukup banyak mampu membuat kulit wajah anda tetap segar dan mampu menghilangkan noda hitam (flek hitam) pada wajah anda, serta mengatasi kulit kusam.

Menurut hasil penelitian dari Universitat Wurzburg, Jerman, disebutkan bahwa bengkoang mengandung vitamin C, flavonoid, dan saponin yang merupakan tabir surya alami untuk mencegah kulit rusak oleh radikal bebas. Ditambah dengan zat fenolik dalam bengkuang cukup efektif dalam menghambat proses pembentukan melanin, sehingga pigmentasi akibat hormon, sinar matahari, dan bekas jerawat dapat dicegah dan dikurangi.

Manfaat Bengkoang Untuk Kulit Wajah
Bengkuang atau bengkoang dikenal dari umbi putihnya yang bisa dimakan sebagai komponen rujak dan asinan atau dijadikan masker untuk menyegarkan wajah dan memutihkan kulit.
1. Mendinginkan kulit
Kandungan air yang tinggi dalam bengkoang beserta sifat anti-inflamasi di dalamnya berguna untuk mendinginkan kulit dan meringankan rasa perih dan terbakar pada kulit yang terpapar sinar matahari terlalu lama. Gunakan masker dari bengkoang parut di kulit tubuh dan wajah yang terkena sinar matahari tadi. Anda bisa mendinginkan irisan buah bengkoang di dalam lemari es terlebih dahulu sebelum memarutnya.

2. Melembabkan Kulit
Banyaknya kandungan air yang terdapat pada bengkoang membuat siapapun yang mengonsumsinya tidak akan terkena dehidrasi. Sehingga kulitmu akan tetap lembab kalau kamu sering mengonsumsi.

3. Mencegah penuaan dini
Menurut Dr. Oz, bengkoang adalah buah yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi penuaan dini. Sebab buah ini ternyata tinggi akan kandungan vitamin C yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang menjadikan kulit lebih cepat menua.

4. Menjadikan kulit sehat
Kandungan vitamin B1, vitamin C, dan berbagai mineral penting dalam bengkoang bisa menjadikan kulit Anda lebih sehat dan segar.

5. Mencerahkan kulit
Sudah bukan rahasia lagi kalau bengkoang mampu menjadikan penampilan kulit lebih cerah. Sebab bengkoang mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin C yang bekerja bersamaan untuk menyehatkan dan menjadikan tampilan kulit lebih cerah berseri.

6. Menghilangkan jerawat
Jerawat adalah musuh utama para wanita. Siapapun berlomba agar jerawat tidak muncul di manapun. Bengkoang juga memiliki manfaat untuk mencegah datangnya jerawat.

Cara Menggunakan Bengkoang Untuk Perawatan Wajah
Pertama-tama, tentu Anda perlu menyiapkan masker bengkoang. Blender bengkoang sampai menjadi krim untuk dijadikan masker. Atau, seperti yang dijelaskan dalam laman thehealthsite.com, tidak perlu repot-repot mengolah bengkoang sendiri kalau memang Anda tidak punya banyak waktu dan tidak suka ribet. Anda cukup menyediakan masker bengkoang instan yang sudah dikemas yang banyak dijual di toko produk kecantikan.

Jika sudah, peras jeruk nipis ke dalam masker lalu aduk-aduk sedikit hingga tercampur ke dalam masker. Setelah tercampur, aplikasikan masker langsung ke wajah. Pastikan Anda mengoleskannya secara merata hingga semua permukaan wajah tertutup masker bengkoang dan jeruk nipis ini seperti biasanya saat Anda memakai masker sendiri di rumah, oleskan masker bengoang agak tebal pada bagian wajah yang terdapat flek hitam atau jerawat, biarkan selama 30 menit kemudian cuci sampai bersih, ulangi cara ini 2-3 hari sekali.
Artikel menarik lainnya: Masker Alami: Cara Memutihkan Wajah Dengan Masker Air Beras.

Tags:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


© Technology 2013 All rights reserved Template by Buhth